Indonesia Tegaskan Komitmen Atas Implementasi MEA 2025

Pemerintah Indonesia menegaskan kesiapan serta komitmennya dalam implementasi Warga Ekonomi ASEAN( MEA) 2025.

Perihal itu ditunjukkan Indonesia lewat pencapaian implementasi paling tinggi atas Prioritas Tahunan MEA pada tahun 2017 dibanding dengan negeri anggota ASEAN yang lain.

“ Dibanding dengan negeri anggota ASEAN yang lain, capaian implementasi Indonesia atas Prioritas Tahunan MEA pada tahun 2017 dekat 60%, versus rata- rata ASEAN yang baru menggapai 52%,” ucap Menteri Perdagangan( Mendag) Enggartiasto Lukita dalam penjelasan tertulis, Senin( 13/ 11/ 2017) implementasi mea di indonesia .

Akhir minggu kemudian, para menteri bidang perekonomian ASEAN berkumpul di Manila, Filipina, dalam Pertemuan ASEAN Economic Community Council( AECC) ke- 15 buat mangulas pemantauan serta penilaian implementasi cetak biru MEA 2025. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia diwakili Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang didampingi oleh Mendag Enggartiasto.

Mendag meningkatkan, capaian implementasi Prioritas Tahunan MEA ini diharapkan terus bertambah sampai akhir tahun ini selaku fakta intensitas integrasi ekonomi ASEAN, paling utama pada umurnya yang ke- 50.

Dalam masa keketuaan Filipina kali ini, ASEAN sukses menuntaskan 11 inisiatif prioritas ekonomi ASEAN( economic priority deliverables), antara lain ASEAN Roll- on Roll- off Davao–General Santos–Bitung, bisnis inklusif, Work Program e- Commerce 2017- 2025, serta ASEAN Seamless Trade Facilitation Indicator.

Bagi Direktur Jenderal Negosiasi Perdagangan Internasional Iman Pambagyo, terdapat sebagian isu berarti yang jadi catatan ke depan untuk ASEAN.“ ASEAN wajib terus menguatkan kerja sama lintas zona serta lintas pilar buat menggapai implementasi MEA 2025, antara lain e- Commerce, Good Regulatory Practices, Global Value Chain( GVC), ASEAN Food Safety Regulatory Framework, serta ASEAN Business Travel Card,” jelasnya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Host Server Game

Dikala ini, perekonomian ASEAN ialah terbanyak ke- 6 di dunia serta ke- 3 di Asia, dengan total PDB sebesar USD2, 55 triliun pada tahun 2016. Proyeksi perkembangan ekonomi ASEAN menggapai 5% pada tahun 2017 serta 5, 1% tahun 2018.

Nilai perdagangan benda ASEAN- dunia menggapai USD2, 24 triliun, dengan 23, 1% di antara lain ialah perdagangan intra- ASEAN. Sebaliknya investasi ke ASEAN menggapai USD98 miliyar pada tahun 2016, serta 25% di antara lain ialah investasi intra- ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *