Furnitur Taman Jati

Memilih furnitur taman bukanlah tugas yang mudah karena diperlukan untuk meningkatkan keindahan taman, memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi, dan sekaligus tahan terhadap kondisi luar ruangan yang ekstrem. Sayangnya, sebagian besar bahan tidak tetap terpengaruh oleh cuaca dan elemen luar ruangan lainnya untuk waktu yang lama tetapi ada satu yang tidak – jati.

Kayu keras tropis yang mebel jepara berasal dari Asia Selatan dan Tenggara ini telah menjadi salah satu bahan yang paling dicari untuk furnitur luar ruangan karena sifatnya yang unik. Lima keunggulan utama jati dibandingkan sebagian besar jenis bahan meliputi:

Ketahanan alami terhadap elemen luar ruangan. Jati secara alami tahan terhadap pengaruh cuaca termasuk hujan, paparan sinar matahari langsung, perubahan suhu yang cepat, kelembapan, dll. Hal ini karena jati terlindung dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan dengan minyak alami yang juga melindunginya dari rayap dan rayap. serangga pemakan kayu lainnya. Oleh karena itu, furnitur taman jati tidak memerlukan perlindungan terhadap elemen luar ruangan sama sekali dan dapat ditinggalkan di luar ruangan sepanjang tahun.

Sumber Protein Yang Baik

Daya tarik estetika yang unik. Karena kayu jati hampir secara eksklusif berasal dari Asia Selatan dan Tenggara, hal ini relatif langka. Kelangkaannya dan tentu saja, warna coklat keemasan yang sangat menarik memberikan sentuhan kemewahan dan prestise pada area tempat duduk luar ruangan. Warna coklat keemasan yang berbeda akhirnya berubah menjadi abu-abu keperakan tetapi ini tidak berpengaruh pada kekuatan dan daya tahannya. Ada produk yang membantu menjaga warna asli tetapi karena banyak yang menimbulkan risiko kerusakan pada kayu, hampir semua merek terkemuka sangat menyarankan agar tidak dilakukan perawatan apa pun.

Kemudahan perawatan. Karena ketahanan alaminya terhadap elemen luar ruangan, jati hampir bebas perawatan. Tidak membutuhkan perawatan perlindungan terhadap rayap seperti jenis kayu lainnya atau membutuhkan perlindungan dari kondisi cuaca yang keras. Yang perlu Anda lakukan untuk menjaganya tetap prima adalah dengan membersihkannya secara teratur dengan air sabun biasa.

Daya tahan. Semua jenis kayu sangat tahan lama, namun sebagian besar tidak bertahan lebih dari satu musim jika tidak dilindungi dengan berbagai cat dan pernis. Tapi meski begitu, mereka tidak bisa dibandingkan dengan daya tahan jati. Sementara sebagian besar jenis furnitur luar ruangan dari kayu bertahan hingga dua dekade jika dirawat dengan benar, furnitur taman jati dapat bertahan seumur hidup.

Tingkat kenyamanan yang tinggi. Terlepas dari ketersediaan sejumlah bahan alternatif untuk kayu, tidak ada yang menawarkan kenyamanan sebaik furnitur kayu. Sayangnya, sebagian besar jenis kayu tidak dapat bertahan dalam kondisi luar ruangan yang keras untuk waktu yang lama. Tapi jati bisa. Bahkan setelah puluhan tahun terpapar kondisi ekstrim dan keausan, tetap senyaman baru.

Penting untuk disebutkan, bahwa ada beberapa jenis jati yang dikenal sebagai A, B dan C dan perbedaan antara kualitas tersebut sangat besar. Keunggulan yang disebutkan di atas hanya menawarkan furnitur yang terbuat dari kayu grade A. Grade B dan C, di sisi lain, terlalu rendah minyak alami untuk dapat menahan elemen luar ruangan tanpa perawatan berkala dengan minyak jati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *