Sesuatu Untuk Diketahui Tentang Pendidikan

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.”

-Nelson Mandela

Di dunia di mana ketidaktahuan mengarah pada penderitaan dengan cara yang tak terhitung banyaknya, pendidikan memang kebutuhan saat ini. Mendefinisikan pendidikan adalah tugas yang sulit karena pendidikan sering disalahartikan sebagai literasi. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah pendidikan itu? Apakah ini pendekatan metropolitan yang dipoles untuk kata-kata kotor kehidupan perkotaan? Apakah itu suara pemberontakan yang dilontarkan melawan kekejaman sosial-politik yang dilakukan pada kita setiap hari? Ataukah, dalam istilah yang jelas dan sederhana, metodologi yang membuat kita menyadari nilai benda dan nilainya dalam berbagai aspek kehidupan? Tetapi jika jawabannya memainkan penggoda yang sulit dipahami, pertanyaan-pertanyaan itu menjadi semakin membingungkan. Secara garis besar, pendidikan dapat diartikan sebagai pengalaman yang membuat kita berpikir, merasakan, memutuskan atau sampai pada kesimpulan dengan cara tertentu. Oleh karena itu, kejadian kecil seperti belajar berjalan hingga memperoleh gelar di bidang filsafat, keduanya berada di bawah payung pendidikan yang luas. Pendidikan adalah hal yang mengajarkan kita fakta dan kebenaran hidup.

Sekarang academia.co.id, setelah tugas yang lebih sulit dalam mendefinisikan pendidikan telah ditangani, mari kita cari tahu kategori-kategori di mana pendidikan dapat dibagi. Pendidikan bisa formal dan informal. Pendidikan formal diberikan kepada kita di lembaga pendidikan sedangkan pendidikan informal adalah proses didaktik mandiri yang terus kita lakukan setiap saat dalam hidup kita.

Mana yang lebih penting bagi kami masih bisa diperdebatkan. Standar kehidupan perkotaan saat ini memastikan bahwa kita semua memiliki tingkat pendidikan formal yang diberikan kepada kita di sekolah dan perguruan tinggi. Namun masalahnya, gelar dan ijazah tidak menjamin pendidikan yang baik. Dalam hal itu, pendidikan menjadi lebih dari sekadar kesombongan daripada kebutuhan. Pendidikan seharusnya tidak hanya membuat kita cukup kompeten untuk membentuk ceruk bagi diri kita sendiri di seluruh dunia luas tetapi juga harus mendorong pemikiran mandiri dalam diri kita. Seharusnya mentor dan pemandu yang membantu kita menemukan, belajar dan merumuskan. Dan seperti yang ditunjukkan oleh Sir Mandela tersayang, pendidikan harus menjadi senjata untuk menempa perubahan di dunia ideologi yang stagnan dan mediokritas yang berlebihan. Itu harus menginspirasi kita, mendorong pemikiran baru dan meremajakan pelajaran yang telah mati yang diambil dari masa lalu.

Baca Juga: Apakah Kolam Renang Spa Pilihan yang Baik untuk Anda?

Jadi, pendidikan yang baik pada akhirnya yang penting, bukan cara mendapatkannya. Oleh karena itu, pendidikan yang baik harus menyiratkan segala sesuatu yang membantu kita dalam melakukan semua hal di atas dan harus merupakan konglomerasi pendidikan formal dan informal. Pendidikan kita harus menjadikan kita individu yang dapat memimpikan dunia yang lebih baik dan mengeksekusi ide menjadi kenyataan dan itu hanya mungkin bila kita memiliki keseimbangan antara pendidikan formal dan informal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *